Rabu, 03 Agustus 2011

Koneksi WiFi melalui lampu LED bisa mencapai kecepatan 800 Mbps

Masih ingat dengan Koneksi WiFi melalui lampu LED yang dikembangkan oleh Boston University tetapi sayangnya kecepatan yang dihasilkan hanya bisa mencapai 1-10 Mbps? Ini berita lanjutan tetapi kali ini datang dari Fraunhofer Institute for Telecommunications.

Dengan teknologi sejenis (disebut dengan Optical WLAN), para peneliti ternyata berhasil membuat teknologi yang sama tetapi punya kecepatan transfer data mencapai 800 Mbps. Nantinya dengan memasang lampu LED plus sebuah module di dalamnya, kita bisa mendapatkan akses internet tanpa harus memasang router atau kabel LAN segala.
Sebenarnya di satu sisi, router memang lebih nyaman dan cepat serta punya jangkauan yang lebih luas sedangkan yang satu ini hanya bisa menjangkau area seluas 8,3 m2 saja.
Di lain sisi, teknologi ini sangat bermanfaat bila dipasang di tempat seperti rumah sakit dimana gelombang ponsel atau Wi-Fi bisa menggangu alat kedokteran lainnya. Jadi dengan ini kita bisa memasang di area tertentu tanpa harus kuatir sinyalnya akan menggangu alat kedokteran yang ada.
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda